Image of Ringkasan Shahih Muslim

Text

Ringkasan Shahih Muslim



Kitab Shahîh Muslim—bersama Shahîh Al-Bukhârî—diakui oleh kaum Muslim sebagai rujukan utama, setelah Al-Quran, untuk memahami pesan-pesan Ilahi melalui Sunnah Rasulullah. Imam Muslim bin Al-Hajjaj Al-Qusyairi, perawi-kolektor dan pengarang kitab ini, sangat masyhur dengan kecerdasan dan ketelitiannya dalam menyeleksi hadis-hadis Nabi, sehingga kesahihan hadis-hadis yang diriwayatkannya tidak disangsikan lagi. Kitab ini juga merupakan salah satu kutub al-sittah (enam kitab kumpulan hadis—shahîh maupun sunan—yang populer).

Buku Ringkasan Shahîh Muslim ini adalah ikhtisar dari Shahîh Muslim yang disusun oleh Al-Hafizh Zaki Al-Dîn Abd Al-Azhîm Al-Mundziri (581-656 H), ahli hadis kenamaan dari Mesir, dan telah di-tahqiq (diperiksa ulang naskahnya serta diberi catatan-catatan khusus) oleh Muhammad Nashir Al-Din Al-Albani, pakar hadis abad ke-20.

Seperti diakui oleh Al-Albani, karya Al-Mundziri ini adalah yang paling lengkap isinya dan sistematis penyajiannya. Metodologinya dalam penyusunan tema-tema yang jelas dan pemilihan hadis-hadis secara ketat merupakan keunggulan tersendiri.

Buku ini dilengkapi juga dengan glosarium untuk membantu para pemula dalam memahami istilah-istilah hadis yang kompleks; indeks tematis untuk memudahkan pembaca merujuk ke tema-tema pilihan yang menjadi minat kajian; dan khat Arab yang artistik sebagai rujukan teks aslinya dalam bahasa Arab.

Mempelajari buku ini bukan saja penting—bahkan wajib—bagi setiap Muslim secara umum. Lebih khusus para cendekiawan, ulama, mubalig, penulis, pengajar, mahasiswa, dan siapa pun yang ingin menjadikan hadis Nabi sebagai pedoman dalam hidupnya.


Ketersediaan

EB0557297.125 42 ALH rPerpustakaan SMPIT Al-Fityan School Gowa (ebook)Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
297.125 42 ALH r
Penerbit Insan Kamil : Surakarta.,
Deskripsi Fisik
xlvi, 916 halaman ; 27 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-979-1296-76-2
Klasifikasi
297.125 42
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Cet. 2
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya