Image of Tafsir inspiratif

Text

Tafsir inspiratif



Buku tafsir ayat-ayat pilihan dengan mengambil dari tiga buku tafsir yang cukup dikenal di Indonesia yaitu: Ibnu Katsir, Jalalain, dan As-Sadi.

Ilmu tafsir adalah ilmu yang membahas Al-Quran dari segi ketepatan maknanya sesuai dengan kehendak Allah Swt, sebatas kemampuan manusia. Ketika dihubungkan dengan kehidupan, sering kali seseorang membutuhkan semacam nasihat atau arahan, sesuatu yang dibutuhkan tersebut akan sangat berarti jika muncul dari ayat-ayat suci yang diyakininya dalam hal ini adalah Al-Quran. Sebagai jawaban atas permasalahan ini maka yang perlu dikembangkan adalah penafsiran yang bisa menginspirasi khalayak untuk melakukan kebaikan (al-maruf) dan menghindarkan mereka dari kemungkaran.

Inspirasi secara bahasa berarti suatu proses mental yang terdorong untuk melakukan atau merasakan sesuatu, terutama untuk melakukan tindakan kreatif. Dalam buku tafsir inspiratif, metodelogi yang dibangun adalah dengan melakukan terlebih dahulu pemilihan ayat-ayat Al-Quran yang dinilai memiliki daya inspirasi yang tinggi dalam memotivasi pembacanya untuk melakukan suatu tindakan kebaikan, serta memiliki daya cegah yang tinggi untuk meninggalkan kemungkaran. Kemudian dituliskan terjemahnya lalu diberikan penjelasan tafsir dengan menukil penjelasan dari kitab tafsir yang ada.


Ketersediaan

EB0853297.13 TAT tPerpustakaan SMPIT Al-Fityan School GowaTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
297.13 TAT t
Penerbit Wisemind Publishing : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
188 hlm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-602-71745-4-2
Klasifikasi
297.13 [23]
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Cetakan Pertama
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya