Image of Pahlawan islam penguasa lautan

Text

Pahlawan islam penguasa lautan



Siapa yang tak kenal dengan Khairuddin Barbarossa? Namanya begitu dikenal dalam sejarah maritim kaum Muslimin. Panglima begitu berjuluk Si Janggut Merah itu, bersama saudaranya Aruj (Barbarossa brother), dikenal tangguh dan piawai dalam berjihad di lautan. Namun, sejarah versi Barat membelokkan sosok laksamana Turki Utsmani (Ottoman) ini sebagai bajak laut yang kejam dan bengis.

Selain Barbarossa, tercatat juga nama Ahmad Muhyiddin Ar-Reis atau biasa ditulis dalam berbagai literature Barat dengan sebutan Piri Reis. Sosok pelaut muslim ini dikenal sebagai navigator ulung dan pembuat peta lautan yang sangat terkemuka, lengkap, dan pertama di dunia. Peta yang dibuatnya menjadi rujukan para pelaut-pelaut Eropa.

Masih banyak lagi tokoh-tokoh pejuang muslim yang sangat terkenal dalam jihad di wiliayah maritim ini. Mereka tak ahli strategi dalam bertempur, tapi juga memahami peta dan ilmu kelautan sebagai sarana untuk membebaskan negeri-negeri yang menjadi tujuan dakwahnya. Ini membuktikan, bahwa zona maritim juga menjadi perhatian kaum muslimin sejak dulu kala.

Buku yang ada di tangan Anda, adalah paparan fakta yang menarik tentang ketangguhan para laksamana atau panglima laut kaum muslimin dalam menghadapi pertempuran-pertempuran di lautan. Dalam buku ini juga diungkap tentang sejarah perjuangan umat Islam di zona maritim dan kekuatan-kekuatan armada laut pada masa Daulah Abbasiyah, daulah Umawiyah, Daulah Mamlukiyah (Mamalik Bahriyah), dan Daulah Utsmaniyah.


Ketersediaan

EB0865294.474 AZZ pPerpustakaan SMPIT Al-Fityan School GowaTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
294.474 AZZ p
Penerbit Pustaka Alkautsar : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xvi, 267 halaman : ilustrasi ; 24 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-979-592-761-7
Klasifikasi
294.474
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Cetakan pertama
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya